Rabu, 29 Januari 2020, BP3IP menyelenggarakan Upacara BON VOYAGE ke-46 Diklat pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika dan Teknika, bertempat di Discovery Ancol. BP3IP kali ini mengusung tema Through the 47th Bon Voyage , We Sustainable Transport Sector Supporting World Trade and The Associated SDG’s.

Tema yang diusung dalam bon voyage ke - 47 sejalan dengan program yang diusung oleh International Maritime Organization yaitu berpartisipasi aktif dalam men-sukseskan the United Nations 2030 agenda for sustainable Development and the associated SDGs (17th Sustainable Development Goals). Dimana sebagian besar goals tersebut dapat diwujudkan melalui sektor transportasi yang berkelanjutan guna mendukung perdagangan global dan ekonomi dunia.

Pada upacara BON VOYAGE ini, bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, beliau mengucapkan SELAMAT kepada peserta Bon Voyage ke-47 yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan kepelautan tertinggi pada BP3IP Jakarta.

Dalam upacara kali ini, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM telah melantik sebanyak 69 orang lulusan program diklat pelaut yang terdiri dari :

  1. Diklat Pelaut Tingkat I - Nautika : 64 orang
  2. Diklat Pelaut Tingkat I - Teknika : 44 orang

Kepada masing–masing peserta Bon Voyage diberikan Surat Pendidikan dan Pelatuhan Kepelautan tingkat - I Nautika dan Surat Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan tingkat - I Teknika beserta penyerahan Certificate of Competency (CoC), Certificate of Endorsment (CoE) yang sangat diperlukan saat para wisudawan akan kembali bekerja di kapal.

Selanjutnya berdasarkan pasal 5 peraturan pemerintah RI No. 7 tahun 2000 tentang Kepelautan, untuk yang telah memperoleh Sertifikat Ahli Nautika Tingkat – I diberikan predikat kepelautan Master Mariner dan untuk yang telah memperoleh Sertifikat Ahli Teknika Tingkat – I diberikan predikat kepelautan Master Marine Engineer.

Dalam rangka menuju Indonesia Emas di tahun 2045, diperlukan peningkatan industrialisasi, penyiapan SDM yang unggul, sarana prasarana yang berbasis teknologi, serta dukungan good governance dan regulasi serta iklim investasi yang kondusif. Untuk menunjang hal tersebut, diperlukan SDM yang unggul dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang terkoneksi, andal, selamat, aman, dan nyaman. Hal ini sejalan dengan amanah Presiden yang mencanangkan sejak tahun 2019 hingga lima tahun yang akan datang sebagai tahun SDM.

Di usia yang ke-71 tahun, BP3IP menghadapi tantangan digitalisasi dan era industsi 4.0, dalam sektor pendidikan pelaut BP3IP sudah menyelenggarakan program pendidikan berbasis distance e-learning, dan melakukan kolaborasi dengan stakeholder, serta mengembangkan diklat non mandatory yang diperlukan pasar.


Visitors Counter

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
253
382
1710
46326
9340
7072
49859

Your IP: 34.238.190.122
2020-05-28 18:22

Who's online

We have 46 guests and no members online