1.

Direktur

 

Direktur BP3IP mempunyai tugas memimpin pelaksanaan tugas sesuai peraturan perundangan dan berfungsi sebagai penanggungjawab umum, operasional dan keuangan

2.

Bagian Keuangan dan Umum

 

Bagian Keuangan dan Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan kepegawaian, ketatausahaan dan kerumahtanggaan, pengelolaan keuangan dan administrasi barang milik/kekayaan negara, hubungan masyarakat serta penyiapan penyusunan laporan BP3IP.

Dalam melaksanakan tugas di atas, Bagian Keuangan dan Umum menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengkoordinasian penyusunan Rencana Strategis Bisnis dan RBA Tahunan;
  2. Penyiapan dokumen anggaran;
  3. Pengelolaan pendapatan dan belanja;
  4. Pengelolaan kas;
  5. Pengelolaan utang piutang;
  6. Penyusunan kebijakan pengelolaan barang, aset tetap dan investasi;
  7. Pengelolaan sistem informasi keuangan;
  8. Pengelolaan akutansi keuangan dan penyusunan laporan keuangan;
  9. Penyiapan dan Pelaksanaan urusan kepegawaian serta kesejahteraan dan disiplin pegawai;
  10. Penyiapan dan pelaksanaan urusan ketatausahaan, kerumah-tanggaan, hukum dan kehumasan;
  11. Pengelolaan Akuntansi Barang Milik Negara dan laporan pengelolaan Barang Milik Negara;
  12. Penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan dan keuangan.

Bagian Keuangan dan Umum terdiri dari :

  1. Sub Bagian Pengelolaan Keuangan
  2. Sub Bagian Umum
3.

Bidang Penyelenggaraan

 

Bidang Penyelenggaraan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana dan program, pengembangan kurikulum dan silabus, sistem dan metode pengajaran, pelaksanaan pembelajaran ilmu pelayaran, administrasi pengajaran, bimbingan dan pembinaan mental, moral, fisik dan disiplin peserta pendidikan dan pelatihan, pelaksanaan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, pengabdian masyarakat serta penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan pendidikan dan pelatihan..

Dalam melaksanakan tugas di atas, Bidang Penyelenggaraan menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan rencana dan program pendidikan dan pelatihan;
  2. penyiapan pengembangan sistem dan metode pengajaran dan pelaksanaan kurikulum dan silabus serta bahan ajar;
  3. penyiapan pelaksanaan pembelajaran ilmu pelayaran;pelaksanaan administrasi pengajaran;penyiapan pelaksanaan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler serta pengabdian masyarakat;
  4. penyiapan bimbingan dan pembinaan mental, moral, fisik dan disiplin peserta pendidikan dan pelatihan;
  5. penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan pendidikan dan pelatihan.

Bidang Penyelenggaran terdiri dari :

  1. Seksi Rencana dan Program
  2. Seksi Pengajaran
4.

Bidang Sumber Daya

 

Bidang Sumber Daya mempunyai tugas melaksanakan urusan administrasi tenaga pengajar dan tenaga administrasi sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan, serta penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan sumber daya.

Dalam melaksanakan tugas di atas, Bidang Sumber Daya menyelenggarakan fungsi :

  1. pelaksanaan administrasi tenaga administrasi,tenaga teknisi dan tenaga pengajar;
  2. penyiapan dan pengembangan tenaga administrasi tenaga teknisi dan tenaga pengajar;
  3. penyiapan dan pelaksanaan pengelolaan dan perawatan serta administrasi sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan;
  4. penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan sumber daya.;

Bidang Sumber Daya terdiri dari :

  1. Seksi Sumber Daya Manusia
  2. Seksi Sarana dan Prasarana.
5.

Bidang Usaha

 

Bidang Usaha mempunyai tugas menyusun rencana dan pelaksanaan program pengembangan usaha, pemasaran, kerja sama pendidikan dan pelatihan serta penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan pengelolaan usaha.

Dalam melaksanakan tugas di atas, Bidang Usaha menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyiapan pelaksanaan kegiatan pengembangan usaha pendidikan dan pelatihan;
  2. Penyiapan pelaksanaan kegiatan pemasaran pendidikan dan pelatihan Keahlian dan Ketrampilan;
  3. Penyiapan pelaksanaan kegiatan kerjasama pendidikan dan pelatihan dan usaha lainnya;
  4. Penyusunan pertanggungjawaban kinerja pelayanan pengelolaan usaha.

Bidang Usaha terdiri dari :

  1. Seksi Pengembangan Usaha dan Pemasaran
  2. Seksi Kerjasama
6.

Unit Penunjang

 

Unit Penunjang mempunyai tugas melakukan kegiatan pelayanan dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan pelatihan.

Unit Penunjang sebagaimana dimaksud di atas terdiri dari :

  1. Unit Laboratorium / Simulator;
  2. Unit Poliklinik/kesehatan;
  3. Unit Perpustakaan;
  4. Unit Sertifikasi;
  5. Unit Data dan Informasi;
  6. Unit Pembinaan Mental dan Disiplin;
  7. Unit Pengadaan Barang/Jasa.

Masing-masing Unit Penunjang di atas dipimpin oleh seorang Kepala Unit yang diangkat dan diberhentikan oleh Direktur BP3IP. Dalam melaksanakan tugasnya, masing-masing Unit Penunjang dikoordinasikan oleh:

  1. Unit Poliklinik dan Unit Pengadaan Barang/Jasa, dikoordinasikan oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum;
  2. Unit Perpustakaan, Unit Pembinaan Mental dan Disiplin dan Unit Sertifikasi dikoordinasikan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan;
  3. Unit Data Informasi, dikoordinasikan oleh Kepala Bidang Usaha;
  4. Unit Laboratorium / Simulator, dikoordinasikan oleh Kepala Bidang Sumber Daya;
7.

Kelompok Jabatan Fungsional

 

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Masing-masing Kelompok Jabatan Fungsional dikoordinasikan oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditetapkan oleh Direktur BP3IP.

*

Dewan Pengawas

 

Dewan Pengawas mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pengelolaan BP3IP yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola BP3IP mengenai pelaksanaan Rencana Strategis Bisnis, Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas, Dewan Pengawas mempunyai kewajiban:

  1. Memberikan pendapat dan saran kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Keuangan mengenai Rencana Strategis Bisnis dan Rencana Bisnis Anggaran yang diusulkan oleh Pejabat Pengelola BP3IP.
  2. Melaporkan kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Keuangan apabila terjadi gejala menurunnya Kinerja BP3IP.
  3. Mengikuti perkembangan kegiatan BP3IP, memberikan pendapat dan saran kepada Menteri Perhubungan dan Menteri Keuangan mengenai setiap masalah yang dianggap penting bagi pengelolaan BP3IP.
  4. Memberikan nasihat dan masukan kepada Pejabat Pengelola BP3IP dalam melaksanakan pengelolaan BP3IP.
  5. Memberikan masukan, saran, atau tanggapan atas laporan keuangan dan laporan kinerja BP3IP kepada Pejabat Pengelola.

Dewan Pengawas terdiri dari unsur:

  1. Kementerian Perhubungan;
  2. Kementerian Keuangan;
  3. Praktisi Kemaritiman / Tenaga Ahli.
*

Perwakilan Manajemen Mutu

 

Pada BP3IP dibentuk Perwakilan Manajemen Mutu (Quality Management Representative) yang merupakan unit non struktural.

Perwakilan Manajemen Mutu mempunyai tugas mendokumentasikan, memelihara dan mengendalikan sistem manajemen mutu pada BP3IP.

Perwakilan Manajemen Mutu dipimpin oleh seorang Koordinator yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur BP3IP.

Perwakilan Manajemen Mutu terdiri dari : Koordinator, Sekretaris, Auditor Internal dan Fasilitator yang ditetapkan oleh Direktur BP3IP.

Fasilitator terdiri dari Kepala Bagian dan para Kepala Bidang.

*

Satuan Pemeriksaan Intern

 

Satuan Pemeriksaan Intern

  1. Satuan Pemeriksaan Intern dibentuk oleh Direktur BP3IP untuk membantu Direktur BP3IP dalam hal pengawasan, pengendalian dan evaluasi pengelolaan keuangan BP3IP yang merupakan unit non struktural.
  2. Satuan Pemeriksaan Intern dipimpin oleh seorang Koordinator yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Direktur BP3IP.
  3. Satuan Pemeriksaan Intern terdiri dari Koordinator dan Pemeriksa Intern.

 

 

 


Visitors Counter

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
121
412
1036
33030
1576
4982
35023

Your IP: 3.233.215.196
2020-04-10 10:36