Pada hari Kamis, 17 Oktober 2019 Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD)  bertempat di Hotel RedTop, Jalan Pecenongan No. 72, Gambir, Jakarta Pusat,  dengan tema   Peranan Lembaga Diklat Dalam Menyambut Perkembangan Pelabuhan, Logistik Dan Sektor Maritim.

Acara diawali dengan sambutan dari Direktur BP3IP Jakarta, Capt. Weku Frederik Karuntu, M.M yang menyampaikan tentang Tantangan ke depan dalam pengembangan lembaga diklat adalah bagaimana lembaga diklat dapat bersinergis dengan segala sektor terutama dalam sektor pelabuhan, logistik dan sektor maritim di revolusi industri 4.0 sehingga peran lembaga diklat dapat lebih optimal dan efisien.

Materi utama disampaikan oleh DR. Wisnu Handoko, M.Sc. selaku Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut. Beliau menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang gencar dalam proses pembangunan infrakstruktur, khususnya di poros maritim. Didukung dengan revolusi industri 4.0, banyak pelabuhan di Indonesia sedang giat dalam meningkatkan digitalisasi pada fasilitas - fasilitas yang ada, namun pada kenyataannya pengembangan ini tidak memperhatikan kompetensi dari sumber daya manusianya, sebagai contoh masih banyak tenaga - tenaga di pelabuhan yang tidak didukung standar kompetensi khusus, sehingga banyak yang bekerja tidak berdasarkan SOP dan ketentuan yang ada. Lembaga diklat dalam hal ini harus aktif dalam menghadapi masalah ini.

Selain narasumber dari Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut, narasumber yang lain adalah dari Ibu Lisda Y Satria, S.Kom, M.Sc.,  selaku perwakilan INSA, Dr. Mauritz Sibarani selaku praktisi dan Poppy Sartika, S.Si, M.Sc selaku ahli kepelabuhanan. Kegiatan Forum Group Discussion ini tidak hanya dihadiri pegawai internal BP3IP, tetapi juga perwakilan dari Pusbang Laut yaitu Capt. Bharto Ari Raharjo, M.Mar selaku Kepala Bidang Pendidikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia serta para dosen dan instruktur di lingkungan BP3IP.

Dalam rangka menuju Indonesia Emas di tahun 2045, diperlukan peningkatan industrialisasi, penyiapan SDM yang unggul, sarana prasarana yang berbasis teknologi, serta dukungan good governance dan regulasi serta iklim investasi yang kondusif. Untuk menunjang hal tersebut, diperlukan SDM yang unggul dalam menghadapi perkembangan pelabuhan, logistik dan sektor maritim, sehingga kami sebagai lembaga diklat harus terus aktif dan inovatif dalam peningkatan kualitas mutu SDM.

Semoga melalui Forum Group Discussion ini, Lembaga diklat dalam hal ini BP3IP mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan kompeten sehingga mampu menghadapi perkembangan pelabuhan, logistic dan sector maritime dalam revolusi industri 4.0. BRAVO BP3IP!!


Visitors Counter

Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
2538
2993
25975
1345209
92492
81059
1400622

Your IP: 34.239.154.240
2022-11-26 19:25

Who's online

We have 54 guests and no members online